Follow Us @rizhaa

Tuesday, May 7, 2019

Belanja Cerdas, Hemat dan anti Boncos


Assalamualaikum,

Halo, ga kerasa sudah masuk bulan ramadan. Alhamdulillah kita masih bisa ketemu dengan bulan suci ini ya. Gimana sudah mempersiapkan menu sahur dan berbuka kah? Jangan lupa dibuat anggaran belanjanya ya biar gak boncos di hari raya nanti. Nah kebetulan tanggal 2 Mei 2019 lalu aku mendapat undangan untuk menghadiri acara  BELANJA CERDAS DAN HEMAT DI BULAN RAMADAN BERSAMA HERO GROUP Jakarta. 







Dalam talkshow yang mengusung tema Anti Boncos di Bulan Ramadhan ini, para hadirin mendapatkan informasi untuk membuat perencanaan keuanganan dan juga bagaimana memanfaatkan promo-promo yang sedang berlangsung.




Menurut Ibu Ligwina Hananto – Financial Management Consultant ada perubahan perilaku selama bulan puasa, yang membuat pengeluaran naik secara signifikan, diantaranya adalah;
1. Pengeluaran rutin, biaya makan harian meningkat untuk persiapan sahur dan berbuka dengan kualitas yang lebih baik.
2. Pengeluaran lifestyle membengkak karena tiba-tiba tawaran bukber dari TK-Kuliah datang menghantui, hahaha.
3. Pengeluaran sosial, biasanya saat bulan Ramadhan rasa ingin berbagi dengan orang lain muncul (bersedekah kepada anak yatim, memberi iftar ke masjid).

Selain itu ternyata ada 3 sumber kebocoran klasik di bulan ramadhan yang musti kita sadari sejak awal.
1. Kenaikan harga barang. Karena itulah sadar dan cermat memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan.
2. Buka Bersama. Pilihlah bukber dengan pertimbangan, jangan semuanya ingin didatangi.
3. Mudik.  Mungkin bagi sebagian orang merupakan keharusan, tapi kadang kita harus melihat kemampuan finansial juga. Kalau memang tidak bisa atau ada keperluan mendesak lainnya (seperti biaya melahirkan, uang pangkal sekolah atau biaya darurat lainnya) sebaiknya tidak dipaksakan ya.


Terus gimana ya cara menyiasati hal ini? 

A. Kita bisa menggunakan Matching concept. Pengeluaran bulan puasa menggunakan gaji bulanan dan pengeluaran hari raya (mudik, zakat, pengeluaran amplop ponakan, bingkisan hari raya) menggunakan THR. Ohiya kalau masih ada sisa bisa dialokasikan untuk Qurban dari sekarang, lho.

B. Membuat perencanaan seperti bikin list barang dan budget. Hal ini agar kita dapat mengetahui berapa pengeluaran kita.

C. Maksimalkan penawaran menarik yang sedang berlangsung. Contohnya seperti promo di Hero Supermarket yang Mengusung program Pasar Ramadan 30 days of discovery, dengan minimum pembelanjaan Rp 300.000,  kita bisa melakukan pembelian produk tertentu dengan harga spesial.

Giant menawarkan program Belanja Murah Bulan Berkah, serta Pasar Ramadan Berlimpah Berkah dan Santap Segera Saat Berbuka dimana Giant menghadirkan menu-menu baru dari kategori makanan siap saji dan lezat dengan harga yang murah.

Menjaga tubuh tetap sehat dan merawat kecantikan selama Ramadan itu juga penting, karena itu Guardian menghadirkan program Fit & Cantik Selama Ramadan. Ada ratusan produk dengan diskon spesial sampai 30% . Ada juga promo +1000, dimana pelanggan cukup menambahkan Rp 1000 dan mendapatkan produk kedua secara gratis untuk ratusan produk favorit.

Nah untuk para moms biar semangat masak sahur dan bukaan, IKEA memberikan penawaran terbatas untuk pembelian wajan IDENTISK dari harga Rp 499.000 menjadi Rp 399.200 dari tanggal 26 April-5 Mei 2019. Tidak hanya itu saja, dapatkan Gift voucher IKEA senilai Rp 1.500.000 untuk setiap pembelian METOD Kitchen dengan minimum pembelian Rp 15 juta dan kelipatan Rp 5 juta (25 April – 26 Mei 2019) dan akan banyak penawaran menarik lainnya.
Welfie dulu sama MC 

Wah menarik banget kan promonya, yuk kita maksimalkan dan jangan lupa bikin dulu perencanaanya mau beli apa aja ya moms. Biar ga boncos hehehe..





4 comments:

  1. Aku selalu bikin list loh tiap bulan jadi perencanaan nya pas walau geser geser dikit . Tapi tuh liat tulisan sale gede gede bikin deg deg ser. Tapi kalo liat tulisan +1000 dapat 2 aku sukaa . Hehejejej

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa iyaa aku juga suka bgt kl ada tulisan +1000 dpt 2

      Delete
  2. Mudik masih wajiib sih, in sya Allah semoga tetap lancar ya rezekinya dengan menyisihkan sebagian untuk bisa sungkem langsung ke ortu, tapi memang sebagian teman terutama yang tugas di pulau berbeda agak kesulitan dengan naiknya harga pesawat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin semoga rejeki dilancarkan ya mbaa. hati2 dijalan mudiknya.

      Delete

Translate