Follow Us @rizhaa

Sunday, December 19, 2021

Waspada Nyamuk Demam Berdarah

Hi semuanya, apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Beberapa minggu ini cuaca di Jakarta bisa dibilang tidak dapat diprediksi. Kadang panas kadang hujan dan bisa berubah dalam jangka waktu yang cukup singkat. Cuaca seperti ini yang bisa bikin ketahanan tubuh menurun. Karena itulah wajib banget ya jaga kesehatan serta kebersihan sekitar. Belum lagi nyamuk-nyamuk nakal yang mengintai keluarga, karena bisa dibilang ini adalah cuaca favoritnya mereka.




Berbicara tentang nyamuk, kalian tahu gak sih kalau ada nyamuk yang berbahaya. Nyamuk ini menularkan virus dengue. Di Indonesia, virus ini ditularkan oleh dua jenis nyamuk demam berdarah betina, yaitu Aedes aegypti sebagai pembawa virus primer (utama) dan Aedes albopictus sebagai pembawa virus sekunder. (sum: Halosehat.com)

Melansir dari buku Cara Mudah Mengalahkan Demam Berdarah (2007) oleh Dr. Handrawan Nadesul. Berikut beberapa hal yang membedakan Aedes aegypti atau nyamuk DBD dari nyamuk kebun yang suka tinggal di luar rumah.

·     Nyamuk Aedes aegypti suka tinggal di tempat yang sejuk dan lembab. Baju yang tergantung bertumpuk tumpuk menjadi salah satu tempat favoritnya. Sekali bertelur, bisa menghasilkan 200-400 bakal anakan. Perindukan nyamuk DBD tidak di air kotor. Melainkan, di genangan air jernih yang tidak gampang terusik. Misalkan wadah barang bekas di pekarangan, talang atau tempat penampungan air, tempayan, sampai baki penampungan air di dalam kulkas. (https://health.kompas.com/)

Salah satu cara mencegah nyamuk supaya tidak bersarang dan mati, yaitu dengan penggunaan obat nyamuk. Tapi jangan sekedar pilih obat nyamuk, apalagi untuk varian obat nyamuk bakar. Salah pilih malah membuat sesak karena asap dan meninggalkan bau khas menyengat. Ada satu produk obat nyamuk bakar yang sedang aku coba merknya VAPE nih.

Nah varian yang aku coba ini terbilang baru dan premium. Obat nyamuk bakar tapi nyaris tanpa asap? Kok bisaaaa? Ya bisa dong karena ada tekhnologi yang terkandung di setiap produknya. Jadi memang bukan asap yang membunuh nyamuk tapi formulanya. Bahan aktif dimeflutrin (0,08MC%) yang menguap pada 170 derajat celcius dekat ujung yang terbakar itulah rahasianya. 

Selain nyaris tanpa asap, VAPE aman, ga bikin pedih mata dan tidak bikin sesak. Wah keren ya, inilah yang menjadi keistimewaan VAPE hitam premium. Obat bakar nyamuk to the next level.





Bagaimana hasil setelah semalaman menggunakannya? Awal saat pembakaran  ada asap ketika api membakar ujung pertama kali, tetapi setelah lewat dari 10 detik nyaris tidak ada asap sama sekali. Tapi ada beberapa mayat nyamuk yang tergeletak di lantai, hahaha


Dalam satu kemasan terdapat 5 pasang keping obat nyamuk bakar (bisa untuk 10 kali pemakaian) yang masing- masing durasinya kurang lebih 10 jam. Produknya juga dibungkus lagi dengan plastik sehingga terjaga kualitasnya. Ada juga 1 buah penyangga untuk obat nyamuknya saat dibakar.




Seringkali kalau kita mau menggunakan suatu produk apasih yang akan dilihat pertama. Kalau aku tentu saja fungsi, cara pemakaian dan cara penyimpanan. Nah petunjuk penggunaan dan keamanan, semua informasi ini lengkap tertera dibungkus VAPE premium jadi tidak perlu khawatir. Harganya sendiri sangat hemat dikantong, berkisar Rp. 3.500 – Rp. 4.500; dan bisa dibeli melalui e-commerce atau supermarket.

Selain menggunakan obat nyamuk, beberapa cara ini juga dapat dilakukan untuk mencegah demam berdarah dan memberantas sarang nyamuk dengan langkah 3M seminggu sekali:

  • Menguras tempat penampungan air yang terdapat dalam rumah  
  • Menutup rapat semua tempat penampungan air supaya nyamuk tidak bisa masuk dan bertelur
  • Mengubur semua barang bekas yang ada disekitar rumah yang dapat menampung air hujan, agar tidak jadi tempat nyamuk bersarang.

Semoga kita semua selalu dalam keadaaan sehat dan dijauhkan dari berbagai sumber penyakit ya. 


31 comments:

  1. betul nih sudah mulai musimnya banyak nyamuk bertelur ya mbak, jadi harus waspada sama tempat air nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jangan lupa sediakan vape mba, hehhee

      Delete
  2. Benaarr.. ya ampun.. nyamuk udah mulai merajalela lagi. Harus nyoba Vape kayaknya, suka gak tahan sama asap obat nyamuk, bikin batuk-batuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl yang varian ini asap nya hampir tidak ada mba

      Delete
  3. Pakenya yang suka di gantung ternyata bisa jadi penyebab nyamuk berkembangbiak ya. Jad8 ngeri juga deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakaian ya mba, apalagi kalau yang berwarna gelap

      Delete
  4. Nah bner bgt ini, krna lgi pandemi kita jadi melupakan penyakit2 lain yg ga kalah berbahaya sprti DB ini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kadang kita terlalu fokus ke covid, pdhl ada DB mengintai jg.

      Delete
  5. Sekarang harus hati-hati banget sama nyamuk, ngeri banget kalau sampai kena DB. Harus bener-bener jaga kebersihan lingkungan sekitar ya buat preventif.. Semoga kita semua sehat selalu ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaminn allahumma aamiin, sehat2 juga ya mba

      Delete
  6. Jujur kak, lagi banyak banget nyamuk semenjak musim hujan. Aku sampe pasang Vape nonstop loh. Beneran

    Takut anaknya kena demam berdarah karena emang lagi banyak anak temen yang kena.

    ReplyDelete
    Replies
    1. vape nya sampe aku pasang di luar rumah juga lho ka. semoga sehat2 ya

      Delete
  7. Cuaca sekarang yang belum stabil kadang panas banget paginya sorenya hujan.Di rumahku namanya nyamuk cukup lumayan rajin berkeliaran di kamar ya,rada parno juga ya takutnya itu nyamuk demam berdarah.Adanya Vape ini sepertinya si nyamuk ketakutan sendiri ya alias menjauh,he...he...he

    ReplyDelete
    Replies
    1. vape nya sampe aku pasang di luar rumah juga lho ka. semoga sehat2 ya

      Delete
  8. Keren nih ga ada asapnya, jadi pingin coba juga. Aku biasanya pake vape yang spray wangi jeruk~

    ReplyDelete
  9. Kalo musim hujan begini memang harus waspada sama DB nih. Banyak genangan air soalnya. Udh lama ga pake vape nih, jadi mau pake lagi hihi

    ReplyDelete
  10. Musim hujan gini nih nyamuk semakin banyak dan kita semua harus waspada dengan nyamuk DBD. Obat nyamuk VAPE ini harganya terjangkau juga ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terjangkau bgt ka. kl aku biasanya beli di ecom, hehhe dpt freeong juga

      Delete
  11. yang Vape bakar daku belum pernah coba. Baru yang spray.
    Bokeh juga ini untuk dimiliki, karena musim hujan ini banyak nyamuk biasanya, jadi perlu Vape ini buat stok dirumah

    ReplyDelete
  12. Vape ini hanya punya anti nyamuk bakar atau ada pilihan lain, mbak? Jujur udah lama banget gak pakai anti-nyamuk bakar. Tapi setuju sih kita harus aware sama nyamuk demam berdarah

    ReplyDelete
  13. Masa musim hujan, dimana banyak nyanuk mulai bertelur nih, makanya banyak nyamuk betina mulai menggigiti manusia (dan hewan) karena mereka butuh protein dari darah kita. Saatnya jaga jaga pakai obat nyamuk misalnya obat nyamuk bakar Vape.

    ReplyDelete
  14. Murce banget ya ini bun harganya ga nguras kantong. Walau udah lama ga pake obat nyamuk, tapi jadi tertarik juga nih mau cobain

    ReplyDelete
  15. Yang punya baby harus extra waspada nih kalo dah mulai masuk musim hujan, biasanya nyamuk penyebab DBD mulai berkeliaran. Salah satu solusinya bisa dengan menggunakan produk anti nyamuk yang aman utk keluarga terutama bayi.

    ReplyDelete
  16. Wah iya, musim hujan harus lebih waspada dengan penyakit DBD ini ya mbak
    Selain menjaga kebersihan lingkungan, juga pastikan memilih produk anti nyamuk yg aman bagi keluarga

    ReplyDelete
  17. Musim hujan identik dengan DBD, Pilihan yg tepat untuk mencari obat nyamuk

    ReplyDelete
  18. Dadah semuanya. Mpo bisa bobo nyenyak tanpa takut nyamuk deman berdarah berkat vape

    ReplyDelete
  19. Sekarang agak bahaya emang Demam Berdarah mulai musim nih. Beberapa kali di lingkungan rumah selalu di aware soal ini

    ReplyDelete
  20. Gak ada asap tapi langsung membabat habis nyamuk ini sih bagus, jadinya kan kita bisa menghindari kedatangan nyamuk yg memang lagi banyak muncul di musik hujan ini ya

    ReplyDelete
  21. Pencegahan tentu penting sekali.
    Dan kini ada produk VAPE andalan yang bisa mencegah digigit nyamuk DBD.

    ReplyDelete

Translate