Follow Us @rizhaa

Wednesday, January 12, 2022

3 Tips Perawatan untuk Rambut Berhijab, Salah Satunya dengan SCALPCARE TECHNOLOGY




Sejak beberapa tahun lalu memutuskan untuk berhijab karena panggilan hati. Alhamdulillah lebih tenang dan rasanya lebih praktis. Tidak perlu blow atau catok untuk pergi keluar rumah kaya dulu, atau ke salon perawatan. Cukup ambil hijab favorit, selempang kanan-kiri beres dan siap jalan. Toh ga ada yang lihat rambut ini.

Tetapi karena terlalu terlena, terkadang aku jadi careless akan perawatan rambut. Sekarang rambutku jadi bermasalah, rontok banget. Kadang selesai keramas, kalau buru-buru juga langsung pakai hijab, jadi lepek dan bau apek, belum lagi kulit kepala jadi gatal, terkadang malu sih kalau harus garuk-garuk, dan hijab malah jadi berantakan.

Ternyata rambut terbungkus hijab hampir sepanjang hari, cenderung mulai kehilangan kelembaban dan teksturnya. Rambut berhijab juga tetap butuh perawatan, malah lebih ekstra karena banyak permasalahan rambut yang mengintai. Dari *riset yang dilakukan, ada beberapa masalah yang sering dialami rambut berhijab antara lain:

Wah ternyata kondisi kulit kepala perempuan berhijab berbeda ya dengan yang tidak mengenakan hijab. Kulit kepalanya lebih rentan akan masalah rambut. Hal ini bisa terjadi karena microbacteria di kulit kepala tidak seimbang. Lalu bagaimana ya agar masalah rambut berhijab berkurang? Simak yuk 3 tips Perawatan untuk Rambut Berhijab.

1.Kasih waktu rambut untuk bernafas

Saat memakai hijab sepanjang hari, mungkin saja rambut sulit untuk bernafas karena diikat terlalu kencang. Coba deh sebisa mungkin beri waktu untuk rambut terurai. Saat tidur di malam hari juga usahakan tidak mengikat rambut. Gunakanlah hijab yang berbahan ramah rambut. Maksudnya disini kamu bisa memilih bahan hijab yang tidak panas. Untuk bahan yang sejuk kamu bisa memilih hijab berbahan Tencel.

 

2. Menggunakan Shampo yang diformulasikan khusus rambut berhijab

Saat ini ada teknologi terbaru yang hanya ada di shampoo Wardah, SCALP CARE TECHNOLOGY, yaitu teknologi yang dikhususkan untuk kulit kepala wanita berhijab. Ditambah formula improvement di varian shampoo anti-hairfall, yaitu amino micellar cleansing yang bikin kulit kepala semakin bersih.


Daily fresh shampoo (Aloe vera & Seaweed)

Varian satu ini bisa kamu gunakan untuk sehari-hari, Aloe Vera Extract bantu menyegarkan, Seaweed Extract akan menutrisi rambut, serta Wheat Protein bantu membuat rambut terasa lebih lembut. Wanginya juga enak banget.

Nutri shine (Argan oil & Grapeseed)

Mau dong punya rambut berkilau dan gak kusam. Cobain varian ini, kandungan Argan Oil akan menutrisi, melembabkan, dan menjaga kilau setiap helaian rambut kamu. Grape Seed Extract bantu melindungi rambut dari kerusakan, serta Ceramide bantu kurangi tampilan rambut bercabang.

Hairfall treatment (Gingseng & Rosemary)

Membantu mengurangi rambut rontok, menutrisi kulit kepala, serta Keratin bantu jaga kekuatan batang rambut agar tidak mudah patah. Strong and healthy hair, your truly hair goals ever! Kalau ditanya mana yang favorit, jujur aku suka semua wanginya karen harum dan menenangkan banget. Kalau dilihat variannya aku akan pilih anti hairfall, karena memang permasalahan yang aku alami adalah rambut rontok.

Anti Dandruff (Tea tree oil & Peppermint)

Kamu suka sensasi dingin dan menenangkan? Coba deh varian ini, karena kandungan peppermint nya bakal ngasih kamu sensasi itu. Tea Tree Oil bantu mengurangi ketombe, serta Double Zinc ActivesTM juga akan melindungi kulit kepala dari ketombe. Shampoo Wardah ini bisa diperoleh di supermarket atau ecommerce.

3. Keringkan rambut dengan baik

Setelah mencuci rambut, pastikan untuk mengeringkan rambut secara menyeluruh sebelum melanjutkan mengenakan hijab. Jika rambut basah diikat dan langsung memakai jilbab, itu meningkatkan kemungkinan kerusakan rambut. Saat diikat, rambut basah seringkali menghilangkan minyak alami dan merusak akar.

Selain itu, rambut yang basah di bawah hijab juga akan terlihat kusam dan lepek. Membuat gatal dan bahkan bisa meninggalkan bau yang kurang enak (apek).

Setelah melakukan beberapa tips diatas, aku merasa kulit kepala ku lebih baik.  Walau masih ada rambut rontok tapi tidak sebanyak seperti sebelumnya. Ketombe, gatal-gatal serta bau apek sudah tidak ada lagi. Hello gorgeous hair.

17 comments:

  1. wambut aku rontok parah mba, akhirnya aku mutusin potong pendek dan ganti sampo
    pernah nyobain ini wanginya enak tahan lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaa akupun sampe potong rambut waktu lagi rontok2nya

      Delete
  2. Aku udah nyobain varian yang hairfall, yang paling kusuka dari shampoo ini tuh adalah wanginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wanginya enak bgt ya menenangkan jiwaaa hehhehee

      Delete
  3. Aku udah coba varian yg daily fresh beneran bikin rambut lepek berkurang

    ReplyDelete
  4. Thank you tips nya kak. Aku bermasalah banget sama ketombe. Next aku coba beli Wardah ini yang varian buat ketombe deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba, aku otw mau coba yang ketombe juga

      Delete
  5. berhijab memang agak tricky yah mba untuk urusan shampo kalo gak bener bisa mengakibatkan banyak masalah untuk rambut kita, aku biasanya memang memilih mencuri rambut setelah pulang kerja dan pakai shampo hijab seperti wardah ini yang memang diformulasikan khusus untuk yang berhijab

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bisa dicoba deh varian wardah yang scalpcare ini

      Delete
  6. Aku lupa kapan terakhir pakai sampo khusus hijab, tapi emang masalah rambut kita yang berhijab ini kalau nggak rontok ya ketombe. Memang harus pinter-pinter milih samponya, apalagi rambutku sampai saat ini masih suka diwarnain dan sering ngalamin kering.
    Btw, sampo Wardah ini kemasannya nyegerin banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger ya mba liatnya, wangi nya juga enak mba

      Delete
  7. sure! saya juga butuh shampoo Wardah ini deh, rambutku rontoknya makin parah juga nih sampai jadi malas sisiran karena stress sendiri lihat rambut yang rontok sehabis sisiran ataupun keramas. Mau coba Anti Hairfall nya dulu deh.

    ReplyDelete
  8. mbaa sama bgt deh ini kerontokannya menyedihkan, potong rambut dan cobain shampoo yang hairfall wardah mba

    ReplyDelete
  9. Aku kyknya mau coba sampo wardah utk rambut berketombe deh. Kandungan pepermint sm tea tree pasti bikin kepala seger semriwing nih.

    ReplyDelete
  10. jujur saja, setelah berhijab jadi jarang gbanget perhatian ekstra sama rambut :( padahal justru harusnya makin ekstra ya karena sering ditutup dan lembab, boleh juga nih dicoba tipsnya

    ReplyDelete
  11. Aku pernah coba yang anti dandruff mba, bikin gatal di kulit kepala berkurang, Alhamdulillah 😍

    ReplyDelete

Translate